Tak Ada Minuman Urin Unta di Kontes Kecantikan Unta

Screen Shot 2018-01-24 at 6.54.56 AM
Photo: A man cheers as he rides a camel during King Abdulaziz Camel Festival in Rimah Governorate, north-east of Riyadh, Saudi Arabia on January 19, 2018. Photo – Reuters. timesofoman.com

Hakim menilai ukuran bibir, pipi, kepala dan lutut mereka, para penonton bersorak saat unta yang mewakili suku mereka menyusuri lintasan. Demikian dilansir dari TimesofOman.com.

Kontes Kecantikan Unta tahun 2018 ini di Arab Saudi merupakan bagian dari Festival Unta Tahunan yang diselenggarakan selama Bulan Januari ini. Pemerintahan Saudi kini mulai menggenjot kegiatan yang mengangkat simbol Arab menjadi destinasi wisata, untuk meningkatkan sumber perekonomian bagi negara yang selama puluhan tahun mengandalkan sektor minyak bumi.

“Unta itu,” jelas ketua hakim acara tersebut, Fawzan Al Madi,” adalah simbol Arab Saudi. “Kami dulu memilikinya sebagai kebutuhan, sekarang kami memeliharanya sebagai hobi.”

Dilaporkan bahwa ada selusin unta telah didiskualifikasi dari kontes kecantikan unta Saudi tahun ini karena ada yang kedapatan menggunakan botox di unta mereka, agar membuat untanya lebih tampan.

Untuk suku Badui Arab, tidak ada yang lebih penting daripada unta, yang digunakan selama berabad-abad untuk makanan, transportasi, dan ‘teman.’

Festival Unta ini dilaksanakan di dataran tinggi gurun yang berbatu, pemerintah telah mendirikan tempat permanen yang menelan biaya 213 juta riyal. ($ 57 juta)

Paviliun ini memiliki pelelangan dimana unta-unta unggulan yang dijual bisa menghasilkan putaran uang sampai jutaan riyal.

Ada warung makan dan toko suvenir, stand yang menampilkan unta tertinggi dan terpendek di dunia, sebuah museum dengan patung pasir unta seukuran seukuran manusia, tenda untuk mencicipi susu unta dan melihat tekstil rambut unta, dan sebuah planetarium yang menampilkan bagaimana orang Arab mengendarai unta dengan bantuan bintang-bintang sebagai penunjuk arah.

Penyelenggara mengatakan bahwa “desa warisan budaya” ini akan semakin dikembangkan pada tahun-tahun mendatang. Sebagaimana keinginan Putra Mahkota Mohammed bin Salman -pewaris takhta, menteri pertahanan dan kepala kebijakan minyak dan ekonomi- melalui Klub Camel yang didirikan oleh kerajaan, tahun lalu.

“Dalam festival tahun ini, angka pengunjung naik sekitar sepertiganya dari tahun lalu, sekitar 300.000 orang yang menempuh perjalanan 1 setengah jam dari Riyadh,” kata Fahd Al Semmari, anggota dewan Camel Club.

Dari berita yang dirilis oleh Times of Oman, tidak dilaporkan adanya stand unta yang menyediakan urin unta untuk diminum oleh pengunjung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s