Ulama Menurut Panglima Gatot, yang Menyejukan Bukan yang Kasar

Dalam sebuah tayangan video, yang tidak diketahui kapan dan di mana video ini direkam, Panglima TNI Gatot Nurmantyo berpendapat mengenai ulama yang sesungguhnya patut disebut sebagai ulama.

Beliau mengatakan bahwa ulama itu adalah yang berkata-kata lembut, tidak kasar. Ulama sesungguhnya yang mengajak pada kedamaian dan bukan mengajak pada permusuhan.

Lebih lanjut ditekankan oleh panglima bahwa kalau kita datang ke suatu masjid lalu kita menjadi sejuk, itu benar. Tapi kalau kita datang ke satu masjid namun ceramah ulama itu membuat kita jadi marah, orang yang memberikan ceramah di masjid itu bukanlah ulama.

“Bahwa tugas ulama adalah membentuk muslim menjadi mukminin. Kalau menjadikan muslim menjadi mukminin, apakah dengan keras dan kasar? Mana mau kan. Pasti dengan bahasa hati kan.

Jadi kalau ada ulama yang ngomongnya kasar, ulama bukan itu? Bukan ulama….

Jadi kalau kita datang ke satu masjid, kita sejuk damai, itu masjidnya bener. Tapi kalau kita datang ke masjid, kita jadi marah, itu masjidnya gak bener, ulamanya gak bener pasti. Iya dong.

Kita ruwet pusing, datang ke masjid, ikut kuliah subuh, pulang jadi tenang. Iya kan. Bertanya pada ulama, ulama menjelaskannya dengan tenang. Itu benar-benar ulama. Kalau ‘ulama’ bikin marah, bukan ulama itu,” jelas Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s