Pikiran Perempuan = Bahasa Program Komputer

Sewaktu saya meng-upload gambar di bawah ini. Ada perempuan yang protes bahwa joke ini bersifat sexist.

18814471_10213508854423566_2618282693517649096_o

Ya memang secara biologis tidak ada perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan. Tapi faktanya, cara kerja pikiran laki-laki dan perempuan, berbeda.

Fakta sejarah telah mencatat bahwa cara kerja pikiran perempuan itu sophisticated layaknya bahasa progam komputer.

Wajar kalau banyak laki-laki sulit memahaminya.

Lihat saja kenyataan sejarah bahwa Programmer 1 di dunia adalah seorang Perempuan.

Ada_lovelace

Augusta Ada King, Countess Lovelace, lahir di London, Inggris, 10 Desember 1815, meninggal di Marylebone, London, 27 November 1852 pada umur 36 tahun. Ia lahir dengan nama Augusta Ada Byron dan dikenal dengan nama Ada Lovelace, adalah penulis dan matematikawan Inggris yang terkenal atas karyanya berupa komputer mekanika pertama.

Penemuannya atas mesin ini juga termasuk penggunaan algoritma pertama yang dimaksudkan untuk diproses oleh mesin. Atas karyanya ini, ia sering dianggap sebagai programer komputer pertama di dunia.

Saat remaja, Ada tertarik pada matematika, dan juga pada mesin analitikal karya Babbage. Antara tahun 1842 dan 1843, dia menerjemahkan sebuah artikel karangan matematikawan Italia Luigi Menabrea mengenai mesin, yang menjadi cikal bakal penemuannya. Kajiannya mengenai artikel ini dianggap sebagai program komputer pertama di dunia — dan juga algoritma pertama yang dikodekan untuk diproses oleh mesin. Karyanya ini berperan penting dalam perkembangan awal komputer.

Margaret Hamilton, merupakan director of software engineering untuk proyek penulisan kode komputer bagi Apollo Guide Computer (AGC). Dikembangkan di MIT Instrumentation Laboratory untuk misi Apollo 11.

082067400_1472030827-margarte_hamilton_vox

Tim tersebut menuliskan kode untuk komputer portabel pertama. Hasil kerja tim itu akhirnya berhasil membawa manusia pada pendaratan di bulan untuk pertama kalinya sekaligus membuka celah baru bagi industri.

Ia tak memiliki tempat untuk belajar ketika itu. Hal yang dilakukan oleh tim-nya merupakan sesuatu yang baru. Pun demikian, berkat hasil kerja kerasnya, ia berhasil menjadi salah satu ahli dalam bidang pemrograman sistem.

margaret-hamilton-mit-apollo-code (1)
Buku coding pemrograman Apollo 11

Rear Admiral Dr Grace Murray Hopper merupakan pelopor dalam pengembangan program komputer yang dituliskan dalam bahasa Inggris. Ia merasa penggunaan ilmu komputasi untuk aplikasi bisnis dan non-ilmiah membutuhkan bahasa pemrograman yang lebih sederhana.

Namun, gagasan tersebut tak langsung berhasil dan membutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum idenya diterima publik. Akhirnya, ia berhasil mengembangkan sarana pemrograman menggunakan kata-kata alih-alih angka.

017365300_1472031000-grace_hopper_telegraph

Salah satu yang berhasil dikembangkannya adalah bahasa Common Business Orientated Languange (COBOL). Dalam sebuah kesempatan wawancara, ia dipanggil sebagai ‘Ratu Software’.

017113300_1472031204-eniac_woman

Gambar di atas adalah foto para programmer perempuan dari komputer generasi pertama, ENIAC (Electronic Numerator Intregrator Analyzer and Komputer). Komputer ini beratnya 60,000 pon dan besarnya satu ruangan besar. ENIAC selesai dibuat tahun 1945. ENIAC awalnya dibuat untuk keperluan militer. Pemrograman tersebut bagian dari upaya Amerika Serikat dalam perang dunia kedua.

komputer-eniac
ENIAC

Joan Clarke merupakan salah satu pemecah kode Inggris pada masa Perang Dunia Kedua. Ia bekerja sama dengan matematikawan kenamaan lain dari Inggris, Alan Turing di Bletchley Park.

aef7sjkipm0bjlsaw46u
Keira Knightley yang berperan sebagai Joan Clarke dalam Film “The Imitation Game” yang mengisahkan tentang perjuangan Alan Turing dalam membuat komputer.

Clarke bekerja dalam proyek untuk memecahkan sandi milik Jerman bernama Enigma. Bersama dengan matematikawan lain, kelompok itu disebut-sebut berperan dalam mengakhiri dan mempersingkat waktu perang sampai dua tahun.

Jadi jelas tak mudah untuk memahami perempuan, karena “tidak” bisa berarti “iya.” Tidak juga bisa berarti TIDAK. Tapi “iya” bisa berarti “tidak.” Dan “iya” bisa berarti “iya.” Tapi “iya” dan “tidak” bisa sekaligus ada dalam 1 peristiwa. Oh yes, oh no. 😀

Bahasanya penuh kode. Kata-kata yang muncul di permukaan penuh kode-kode tersembunyi di baliknya, seperti program komputer. Sementara laki-laki seringkali hanya membaca apa yang nampak, yang tersaji di layar monitornya saja.

18921746_10213526101054721_2684747762072287783_n

Advertisements

2 thoughts on “Pikiran Perempuan = Bahasa Program Komputer

  1. Eh tapi beneran lho ini seksis. Dan yg jelas stereotipikal banget. Pada dasarnya ini bukan masalah perempuan atau laki-laki tapi masalah individu. Laki-laki juga banyak yang iya/tidaknya tidak bisa dipegang. Jadi tolonglah jangan terus mempromosikan bad image seperti ini. Mungkin Anda banyak ketrmu perempuan yang plin plan, tapi tidak semua kami seperti itu. Saya dikelilingi perempuan2 yang kredibilitasnya tinggi dan perkataannya bisa dipegang. Dan terus terang stereotipe ini mengganggu sekali karena jadi banyak yang tidak percaya omongan kami.

    1. hehehe…. tulisan saya di atas mungkin ada unsur ‘sexist’nya. Terutama kata2 atau pendapat yang berasal dari pikiran saya sendiri. Yang soal “iya-tidak” itu. Saya mungkin keliru di situ.

      Tapi ini justru membuktikan bahwa saya yang menulis artikel ini masih sulit memahami perempuan. 😀 Seperti sulitnya memahami bahasa program komputer.

      Makanya saya beberkan fakta sejarah bahwa perempuan2 ternyata merupakan programmer2 komputer pertama di dunia.

      Thanks.
      Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s