Ahli Waris Masjid yang Diusir dari Masjidnya

Sapaan salam yang hangat terucap dari ujung telepon ketika saya mengontak H. Rasyidin, seorang pembina masjid di daerah Ponok Pinang, Jakarta Selatan.

Kemarin viral di media sosial sebuah foto surat pemecatan H. Rasyidin sebagai pembina di Masjid Darussalam Pondok Pinang, Kebayoran Lama.

17309986_10212738021793232_74973118823593704_o

Dalam surat tersebut tercantum jelas kata-kata “Pemecatan secara tidak hormat” yang diberlakukan kepada H. Rasyidin selaku pembina atau penasehat dalam kepengurusan masjid tersebut.

Pemecatan ini dipicu oleh sikap H. Rasyidin yang menyatakan keprihatinannya atas peristiwa ditolaknya jenazah Ibu Baniyah di masjid Darussalam, Pondok Pinang, untuk disalatkan. Ia menekankan perlu adanya penegakkan hukum dari peristiwa tersebut.

H. Rasyidin membenarkan bahwa dirinya memang dipecat dari kepengurusan masjid yang selama ini ia selaku penasehat/pembinanya.

Beliau lalu menceritakan bahwa, para pengurus masjid memang masih muda-muda. “Mereka tidak tau bahwa saya adalah pewaris dari masjid Darussalam,” ungkapnya.

“Jadi masjid itu merupakan wakaf dari kakek saya,” tambahnya.

Mendengar pengakuan H. Rasyidin saya merinding membayangkan seorang ‘ahli waris diusir’ dari masjidnya oleh anak-anak muda pengurus baru masjid tersebut.

Sebelum menutup pembicaraan, saya menanyakan kenapa dalam surat tersebut ditandatangani di Bogor, H. Rasyidin menjawab, “Ya itu ditandatangani di Bogor karena lagi rapat kerja para pengurus masjid.”

Masyarakat kita sudah kebablasan dalam mencampuradukkan masalah politik dengan agama. Politik apabila dimasukkan ke dalam kehidupan beragama memang bukan saja akan ruwet namun juga akan sangat berbahaya. Begitu banyak negara-negara yang hancur lebur kehidupan masyarakatnya, ekonomi dan pemerintahan jatuh terpuruk.

Jangan jadikan NKRI menjadi ‘Suriah.’

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s