Liem Swie King

7109727065_53bace8476

Di kancah internasional, prestasi Liem Swie King, meraih Juara II All England (1976 & 1977). Kemudian tiga kali menjadi juara All England (1978, 1979, 1981). Selain itu, puluhan medali grand prix lainya, medali emas Asian Games di Bangkok 1978, dan tiga medali emas Piala Thomas (1976, 1979, 1984) dari enam kali membela tim Piala Thomas.

Ketika menantang Sang Legendaris Rudy Hartono di final All England tahun 1976, usianya masih 20 tahun. Setelah itu, Liem Swie King menjadi penerus kejayaan Rudy Hartono.

Namun siapa yang mengira bahwa sang juara yang dikenal dengan King Smash-nya ini, memiliki kebiasaan tidak pernah memajang bukti-bukti prestasinya.

Semua foto dan medali masuk dalam lemari untuk disimpan rapi. Hanya beberapa thropy saja yang ditaruh di atas meja di rumahnya, karena ukurannya tidak muat dalam lemari.

King ternyata bukanlah seorang yang suka membicarakan tentang ke-aku-annya. Hal ini yang membuat anak-anak King tak pernah tahu sebelumnya bahwa ayahnya adalah salah satu pahlawan olahraga Indonesia, seorang juara kelas dunia.

Suatu hari saat keluarga King berlibur, banyak orang menyapa dan menyalami King. Anak-anaknya pun heran meski King mengatakan bahwa mereka adalah teman-temannya. “Kalau benar teman-teman Papi, kok Papi tidak tahu namanya?” cecar anak-anaknya.

Akhirnya King terpaksa bercerita kalau mereka mengenalnya sebagai pemain bulu tangkis. Memperoleh jawaban seperti itu anak-anaknya malah menyahut, “Lho, memang Papi bisa main bulu tangkis?”

Itulah sikap sang juara sejati yang tak pernah menghitung tiap tetes keringat yang telah mengucur demi bangsa, negara dan keluarganya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s